Menu

Sejarah Universitas Jember
UNEJ(Universitas Jember) berasal dari universitas swasta bernama Universitas Tawang Alun yang didirikan sejak tanggal 4 November 1957 yang mulanya, Universitas Tawang Alun ini memiliki satu fakultas saja, yaitu fakultas hukum, 3 tahun kemudian berdiri 2 fakultas baru yaitu fakultas Administrasi Negara dan Perusahaan (ANP) yang setahun kemudian menjadi Fakultas Sosial Politik (Fakultas Sospol),dan di tahun yang sama Universitas Tawang Alun menambahkan fakultas-fakultas baru, yaitu :Fakulta Pertanian, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Fakultas Kedokteran.
Kemudian pada tahun ajaran 1963/1964 didirikan dua fakultas baru yang berkedudukan di Banyuwangi dibawah UNBRA Tjabang Jember yaitu:
  1. Fakultas Sastra
  2. Fakultas Ekonomi
Pada tahun 1963, Fakultas Kedokteran UNBRA Malang Tjabang Jember diintegrasikan ke dalam Universitas Airlangga Surabya sedangkan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan diintegrasikan ke dalam IKIP Negeri Malang. Berdasarkan Keputusan Menteri PTIP Nomor 151/1964, tanggal 9 November 1964, Universitas Brawidjaja Tjabang Djember dinyatakan berdiri sendiri dengan status negeri menjadi Universitas Negeri Djember yang disingkat menjadi UNED yang saat itu memiliki lima fakultas.
Atas dasar Kebijakan rektor UNED yaitu pada tanggal 31 Desember 1965 Fakultas Ekonomi dan Fakultas Sastra yang berkedudukan di Banyuwangi dipindahkan ke Jember dan Selanjutnya berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 161 tahun 1967, mulai 1 Januari 1968 IKIP Malang Tjabang Djember yang semulanya diintegrasikan dengan UNBRA Malang, Kemudian diintegrasikan dengan Universitas Negeri Djember. Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Sastra dan Seni IKIP Malang Tjabang Jember tersebut masing-masing menjadi Fakultas Ilmu Pendidikan dan Fakultas Sastra Universitas Negeri Djember.
Berdasarkan Keputuasan Presiden Republik Indonesia Nomor 61 tahun 1982, tanggal 7 September 1982, Universitas Negeri Djember ditetapkan bernama
Universitas Jember dengan Akronim UNEJ. Kemudian, pada tahun 1993 berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI yaitu tanggal 8 desember 1993 dan diikuti oleh keputusan-keputusan lainnya yang menyangkut pengembangan fakultas dan prodi.

Sumber  Pedoman Kemahasiswaan,Pengenalan Kehidupan Kampus dan Pembinaan Pengembangan Mahasiswa Baru Tahun akademik 2012/2013


0 comments:

Post a Comment

 
Top