Menu

mobilTeknik

Universitas Jember (Unej) tak henti-hentinya terus berinovasi. Kali ini mereka me-release mobil listrik terbarunya sebagai mobil listrik generasi kelima. Generasi kelima ini dikonsep sedikit berbeda karena dirancang untuk mobil sport. Inovasi terbaru diberi nama Sinosi yang singkatan dari "Sing Nomer Siji" (yang nomor satu).

Filosofi dari mobil ini adalah sebagai generasi yang terbaik dari sisi efisiensi dan kecepatan. Mobil buatan Mahasiswa Fakultas Teknik (FT) ini dibuat dengan atap terbuka layaknya mobil sport. Mobil ini dapat digunakan untuk empat penumpang meski jok yang tersedia hanya dua. Body mobil ini dibuat menggunakan bahan fiberglas dan rangka pipa besi. Adapun energi listrik yang disimpan dalam baterai dengan sistem recharge.

Mobil ini mempunyai bobot 200 kg. Kecepatan maksimalnya memang belum bagus tetapi sudah dapat mencapai kecepatan 50 km/jam . Ketahanan baterainya pun cukup lumayan karena dicharge cuma setiap 25 km. Mobil ini memakan biaya total dari prototype hingga produksi sekitar Rp120 juta.

Prestasi Unej dalam membuat mobil listrik memang patut diacungi jempol. Mobil listrik generasi pertama hingga keempat pernah menjuarai kontes Brawijaya Electrical Fisical Competition di Malang dan Bandung. Semoga inovasi semacam ini dapat dilanjutkan agar bangsa kita mampu memproduksi mobil listrik sendiri.

0 comments:

Post a Comment

 
Top